6 Cara Mencukur Rambut Bayi

cara mencukur rambut bayi
Mencukur Rambut Bayi setelah dilahirkan memang dianjurkan, tidak hanya secara medis, juga diperintahkan oleh Agama Islam. Secara medis dengan dicukurnya nya rambut bayi akan membersihkan kepala bayi dari kotoran lemak yang terbawa saat bayi dilahirkan. Bagi si bayi sendiri akan merasakan kesejukan. Kulit kepala bayi yang plontos (sudah dicukur) akan memudahkan orang tua atau dokter memeriksa kondisi kepala bayi dari ada tidaknya gangguan pada kulit kepalanya. Namun dalam prosesnya tidak sedikit orang tua yang tidak berani dalam mencukur sendiri rambut bayi , hal ini karena kulit kepala bayi yang masih tipis dan lunak.

Bagi orang tua yang akan memotong rambut kepala bayinya silakan simak beberapa tips berikut:
  1. Untuk rambut bayi yang panjangnya lebih dari 2cm, sebelum ke proses cukur habis potong dahulu dengan gunting sehingga memudahkan dalam proses pencukuran selanjutnya.
  2. Siapkan alat cukur rambut bayi seperti: Alat cukur baru yang mempunyai bantalan yang aman untuk kepala bayi, Gunting rambut, Baskom berisi air hangat, sabun bayi, Cairan antiseptik, bedak, cotton bud dan handuk. Antiseptik berguna untuk mengobati kepala bayi yang terluka agar tidak terjadi infeksi.
  3. Basahi kepala bayi dengan sedikit air hangat atau dengan sabun bayi (tidak terlalu banyak- sedikit saja), mulailah mencukur dari arah depan (poni) ke arah belakang secara satu arah.
  4. Untuk bagian pinggir, miringkan badan bayi jika bisa dan mulai mencukur sisi kanan dan kiri. Untuk bagian belakang, baringkan bayi pada posisi tengkurap dan cukur satu arah dari atas kepala ke arah tengkuk. Pada proses ini pastikan kepala bagian belakang bayi sudah di dibasahi oleh air atau sabun bayi sebagaimana pada langkah 3 diatas. Juga diperhatikan lipatan kulit kepala bagian belakang, ratakan dengan merenggangkan kulitnya sebelum di cukur.
  5. Setelah di rasa cukup, bilas kepala bayi dengan air hangat, sabun bayi atau sampo, bilas lagi dan keringkan dengan handuk.
  6. Apabila ada luka pada kulit bayi oleskan cairan antiseptik agar tidak terjadi infeksi kulit.
Demikian tips cara mencukur rambut bayi Anda, Semoga bermanfaat.

Gambar: http://family.fimela.com

Artikel Terkait: