Manfaat mencukur Rambut Bayi Setelah Lahir

Rambut bayi setelah lahir mempunyai beraneka ragam tingkat pertumbuhannya, ada yang mempunyai rambut yang tipis, tebal, panjang atau pendek. Rambut bawaan pada kepala bayi dan tumbuh di dalam rahim tentu akan berbeda kondisi nya ketika sesudah lahir, maka dengan mencukur rambut bayi sangat banyak manfaatnya. Adapun cara mencukur rambut bayi sudah kami paparkan informasinya pada artikel sebelumnya.

Manfaat mencukur rambut bayi setelah lahir diantaranya adalah:
  1. Salah satu amalan sunnah dan mensedekahkannya (bagi Anda yang beragama islam) karena ini diperintahkan:
    Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengakikahi Hasan dengan kambing, dan beliau menyuruh Fatimah,
    ‘Cukur rambutnya, dan bersedekahlah dengan perak seberat rambut itu.’
    Fatimah pun menimbang rambut itu, dan ternyata beratnya sekitar satu dirham atau kurang dari satu dirham. (HR. Turmudzi 1519, Ibnu Abi Syaibah dalam Mushanaf 24234, dishahihkan al-Hakim dalam Mustadrak 7589 dan didiamkan azd-Dzahabi).
  2. Kepala bayi yang keluar dari rahim membawa banyak kotoran dan lemak, dengan mencukurnya maka sisa-sisa kotoran lemak tersebut bisa benar-benar bersih dan terhindar dari Kerak kepala (dermatitis seboroik)
  3. Anda orang tua dan dokter bisa mengetahui sejak dini ada tidaknya kelaian pada kulit kepala bayi.
  4. Kepala bayi akan mudah beradaptasi dengan lingkungannya yang baru ketika tidak berambut.
Namun Anda tidak usah khawatir karena setelah di cukur habis rambutnya maka nanti akan tumbuh kembali seperti biasanya. Pertumbuhan setelah pencukuran pertama kali setelah lahir akan di dapati berbeda-beda, ada yang rambutnya tumbuh menjadi lebat dan ada juga yang menjadi lebih sedikit dibanding dengan pas bayi keluar dari rahim. Hal ini tentunya dipengaruhi oleh faktor genetik dari orang tuanya.

Artikel Terkait: